Jika kamu ingin mengejar pendidikan sampai ke Thailand, kamu berada pada situs yang tepat. Saat ini, kamu dapat memanfaatkan Thailand Government Scholarships, yaitu Beasiswa kuliah di Thailand yang disediakan langsung dari pemerintah negara tersebut.

Thailand Government adalah program beasiswa di bawah Thailand International Postgraduate Program, disingkat TIPP. Program beasiswa tersebut adalah jenis fully-funded, atau dibiayai secara penuh untuk mahasiswa yang menjalani perkuliahan Master. Beasiswa ini akan memberikan keringanan untuk uang saku, biaya akomodasi, biaya beli buku perkuliahan, biaya menyelesaikan tesis, dan masih banyak lainnya.

Tentang Program TIPP

Program TIPP telah diperkenalkan pada tahun 2000 sebagai kerangka dalam mendukung kebutuhan beasiswa pascasarjana untuk negara-negara berkembang yang bermitra dengan Thailand. Pemerintah Thailand percaya bahwa berbagi pengetahuan adalah pilar penting untuk Kooperasi di wilayah selatan, sehingga TIPP menawarkan program beasiswa untuk Thailand dan mitranya agar bisa saling berbagi pengalaman dan praktik yang berkontribusi dalam jangka panjang.

Beasiswa TIPP diberikan untuk bidang perkuliahan yang berfokus pada: Perubahan Iklim, Ketahanan Pangan, Kesehatan Masyarakat, dan topik-topik lainnya yang relevan dengan Sustainable Development Goals atau SDGs dan Sufficiency Economy Philosophy disingkat SEP.

Baca Juga : Thailand Government Scholarships, Beasiswa Kuliah di Thailand yang Wajib Kamu Coba!

Keuntungan Beasiswa

Beasiswa kuliah di Thailand melalui Thailand Government Scholarship akan memberikan sejumlah keuntungan berikut:

  1. Biaya ganti tiket penerbangan pesawat kelas Ekonomy dan biaya ganti penggunaan layanan jemput Bandara.
  2. Perjalanan Domestik di Thailand.
  3. Uang saku bulanan sebesar 7,000 Baht per bulan.
  4. Uang akomodasi sebesar 7,000 Baht per bulan di provinsi regional atau 9,000 Baht per bulan di wilayah Bangkok dan Phuket.
  5. Biaya settlement 6,000 Baht untuk pertama kali datang ke Thailand.
  6. Biaya kebutuhan buku kuliah, 10,000 Baht per tahun.
  7. Biaya penyelesaian Thesis sebesar 20,000 Bath untuk proyek lapangan wajib atau untuk mengumpulkan data di lapangan dan untuk bayar percetakan.
  8. Biaya perkuliahan, langsung dibayarkan.
  9. Biaya untuk pengobatan dan kesehatan.

Syarat Penerima Beasiswa

Agar kamu bisa memanfaatkan beasiswa Thailand Government Scholarships, maka kamu wajib tahu apa saja persyaratan yang telah ditentukan, sebagaimana berikut:

  1. Bahasa yang ditentukan: Mempunyai kemampuan berbahasa Inggris. Calon penerima beasiswa yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa ibu, dan jika perkuliahan S1 yang dipilih tidak diajarkan dalam Bahasa Inggris, maka harus memenuhi syarat bahasa dengan melampirkan bukti kemampuan berbahasa inggris sesuai tes yang telah ditentukan dalam peraturan universitas.
  2. Termasuk dalam negara yang berhak menerima beasiswa.
  3. Kandidat harus dipilih National Focal Point for International Development Cooperation di sebuah negara dari TIPP yang ditentukan.
  4. Calon penerima beasiswa harus sudah punya gelar sarjana dan mempunyai pengalaman profesional yang relevan dengan jurusan Pascasarjana yang dipilih.
  5. Kandidat harus bekerja di area yang sesuai jurusan
  6. Usia harus kurang dari 50 tahun.
  7. Kandidat harus punya kondisi mental dan fisik yang baik.
  8. TICA berhak untuk mencabut beasiswa bagi siapa saja yang mencederai seluruh regulasi yang sudah dibuat.
  9. Persyaratan lainnya akan dipertimbangkan oleh regulasi universitas.

Penutup

Beasiswa kuliah di Thailand dari Program Thailand Government Scholarship ini layak kamu pertimbangkan. Apalagi beasiswa ini menawarkan sejumlah keuntungan yang dapat meringankan beban finansial penerima beasiswanya.