Kategori: Informasi Beasiswa

Thailand Government Scholarships, Beasiswa Kuliah di Thailand yang Wajib Kamu Coba!

Jika kamu ingin mengejar pendidikan sampai ke Thailand, kamu berada pada situs yang tepat. Saat ini, kamu dapat memanfaatkan Thailand Government Scholarships, yaitu Beasiswa kuliah di Thailand yang disediakan langsung dari pemerintah negara tersebut.

Thailand Government adalah program beasiswa di bawah Thailand International Postgraduate Program, disingkat TIPP. Program beasiswa tersebut adalah jenis fully-funded, atau dibiayai secara penuh untuk mahasiswa yang menjalani perkuliahan Master. Beasiswa ini akan memberikan keringanan untuk uang saku, biaya akomodasi, biaya beli buku perkuliahan, biaya menyelesaikan tesis, dan masih banyak lainnya.

Tentang Program TIPP

Program TIPP telah diperkenalkan pada tahun 2000 sebagai kerangka dalam mendukung kebutuhan beasiswa pascasarjana untuk negara-negara berkembang yang bermitra dengan Thailand. Pemerintah Thailand percaya bahwa berbagi pengetahuan adalah pilar penting untuk Kooperasi di wilayah selatan, sehingga TIPP menawarkan program beasiswa untuk Thailand dan mitranya agar bisa saling berbagi pengalaman dan praktik yang berkontribusi dalam jangka panjang.

Beasiswa TIPP diberikan untuk bidang perkuliahan yang berfokus pada: Perubahan Iklim, Ketahanan Pangan, Kesehatan Masyarakat, dan topik-topik lainnya yang relevan dengan Sustainable Development Goals atau SDGs dan Sufficiency Economy Philosophy disingkat SEP.

Baca Juga : Thailand Government Scholarships, Beasiswa Kuliah di Thailand yang Wajib Kamu Coba!

Keuntungan Beasiswa

Beasiswa kuliah di Thailand melalui Thailand Government Scholarship akan memberikan sejumlah keuntungan berikut:

  1. Biaya ganti tiket penerbangan pesawat kelas Ekonomy dan biaya ganti penggunaan layanan jemput Bandara.
  2. Perjalanan Domestik di Thailand.
  3. Uang saku bulanan sebesar 7,000 Baht per bulan.
  4. Uang akomodasi sebesar 7,000 Baht per bulan di provinsi regional atau 9,000 Baht per bulan di wilayah Bangkok dan Phuket.
  5. Biaya settlement 6,000 Baht untuk pertama kali datang ke Thailand.
  6. Biaya kebutuhan buku kuliah, 10,000 Baht per tahun.
  7. Biaya penyelesaian Thesis sebesar 20,000 Bath untuk proyek lapangan wajib atau untuk mengumpulkan data di lapangan dan untuk bayar percetakan.
  8. Biaya perkuliahan, langsung dibayarkan.
  9. Biaya untuk pengobatan dan kesehatan.

Syarat Penerima Beasiswa

Agar kamu bisa memanfaatkan beasiswa Thailand Government Scholarships, maka kamu wajib tahu apa saja persyaratan yang telah ditentukan, sebagaimana berikut:

  1. Bahasa yang ditentukan: Mempunyai kemampuan berbahasa Inggris. Calon penerima beasiswa yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa ibu, dan jika perkuliahan S1 yang dipilih tidak diajarkan dalam Bahasa Inggris, maka harus memenuhi syarat bahasa dengan melampirkan bukti kemampuan berbahasa inggris sesuai tes yang telah ditentukan dalam peraturan universitas.
  2. Termasuk dalam negara yang berhak menerima beasiswa.
  3. Kandidat harus dipilih National Focal Point for International Development Cooperation di sebuah negara dari TIPP yang ditentukan.
  4. Calon penerima beasiswa harus sudah punya gelar sarjana dan mempunyai pengalaman profesional yang relevan dengan jurusan Pascasarjana yang dipilih.
  5. Kandidat harus bekerja di area yang sesuai jurusan
  6. Usia harus kurang dari 50 tahun.
  7. Kandidat harus punya kondisi mental dan fisik yang baik.
  8. TICA berhak untuk mencabut beasiswa bagi siapa saja yang mencederai seluruh regulasi yang sudah dibuat.
  9. Persyaratan lainnya akan dipertimbangkan oleh regulasi universitas.

Penutup

Beasiswa kuliah di Thailand dari Program Thailand Government Scholarship ini layak kamu pertimbangkan. Apalagi beasiswa ini menawarkan sejumlah keuntungan yang dapat meringankan beban finansial penerima beasiswanya.

Beasiswa S1 Malaysia: Info Lengkap Seputar Syarat dan Cakupan

Ingin melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri yang tidak terlalu jauh dari Indonesia dengan biaya yang terjangkau? Kamu bisa coba mempertimbangkan Malaysia, sebagai salah satu alternatif lokasi studi kamu di masa depan. Selain pendidikan berkualitas tinggi dengan biaya yang relatif lebih murah dibandingkan negara-negara maju lainnya, pelajar internasional yang berminat melanjutkan studi di Malaysia juga bisa menikmati kehidupan di negara yang aman dengan berbagai kekayaan budaya yang beraneka ragam.

 

Khawatir dengan kendala biaya? Untuk membantu studi kamu di Malaysia, kamu juga bisa mencoba beberapa beasiswa S1 Malaysia yang tersedia untuk mahasiswa jenjang Sarjana. Ingin tahu lebih banyak tentang beasiswa kuliah di Malaysia S1? Simak ulasannya di bawah ini.

 

1. ASEAN Maybank Scholarship

Program ASEAN Maybank Scholarship adalah program beasiswa S1 Malaysia yang ditawarkan oleh Maybank Foundation dan Sekretariat ASEAN kepada mahasiswa dari negara ASEAN yang ingin kuliah di universitas yang tergabung dalam ASEAN University Network. Untuk Malaysia, program beasiswa ini dibuka untuk beberapa universitas, antara lain Universiti Kebangsaan Malaysia, Universiti Malaya, Universiti Putra Malaysia, Universiti Sains Malaysia, dan Universiti Utara Malaysia.

Persyaratan Beasiswa

Beberapa persyaratan umum yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa ini adalah :

  1. Warga negara ASEAN
  2. Memiliki kemampuan akademik yang baik dan aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler
  3. Lulus dari jenjang pendidikan sebelumnya dengan CGPA minimal 3.00 atau yang setara
  4. Mendaftar di salah satu program studi yang telah ditetapkan oleh penyedia beasiswa
  5. Sudah menerima admission letter atau letter of offer dari salah satu universitas yang ditentukan

Cakupan Beasiswa

Program beasiswa ini mencakup beberapa hal antara lain :

  1. Biaya kuliah
  2. Tunjangan bulan dan tunjangan akomodasi
  3. Laptop
  4. Tunjangan kedatangan
  5. Tiket pesawat PP

 

2. CIMB ASEAN Scholarship

Program CIMB ASEAN Scholarship adalah program beasiswa kuliah di Malaysia S1 yang diberikan oleh Bank CIMB kepada pelajar internasional dari beberapa negara ASEAN yang berminat melanjutkan pendidikan tinggi di negara-negara ASEAN, termasuk Malaysia. Program beasiswa ini terbuka untuk banyak bidang studi, khususnya yang mendukung karier di bidang finansial dan perbankan.

Persyaratan Beasiswa

Beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa ini antara lain :

  1. Warga negara ASEAN
  2. Berusia maksimal 27 tahun
  3. Baru akan mendaftar masuk di program studi jenjang S1 (undergraduate) atau sudah mengikuti pendidikan jenjang S1, dengan sisa durasi studi minimal 1 (satu) tahun
  4. Memiliki CGPA minimal 3.25 atau yang setara, dengan prestasi akademik dan jejak rekam kegiatan ekstrakurikuler yang baik
  5. Tidak sedang menerima beasiswa lain

Cakupan Beasiswa

Program beasiswa ini mencakup beberapa hal berikut :

  1. Biaya kuliah dan biaya akademik lainnya
  2. Tunjangan hidup
  3. Subsidi untuk biaya lain yang diperlukan seperti tiket penerbangan PP, biaya visa dan lain sebagainya.

3. INTI International Education Scholarship

Program beasiswa INTI International Education Scholarship adalah program beasiswa kuliah di Malaysia S1 yang dibuka oleh salah satu institusi perguruan tinggi di Malaysia, INTI International University and Colleges, kepada mahasiswa yang sudah mendaftar di salah satu program studi jenjang sarjana (undergraduates) di kampus INTI Malaysia. Beasiswa ini terbuka untuk seluruh program studi di INTI Malaysia, kecuali program Intensive English Programme atau English Improvement Programme.

Persyaratan Beasiswa

Untuk mendaftar beasiswa ini, beberapa persyaratan yang dibutuhkan antara lain :

  1. Sudah terdaftar di salah satu program studi di INTI Malaysia dan berniat melanjutkan pendidikan di INTI Malaysia hingga selesai.
  2. Harus mendapatkan dan mempertahankan pencapaian akademik berupa lulus di seluruh mata pelajaran (full passes in all subjects)

Cakupan Beasiswa

Program beasiswa ini mencakup keringanan biaya kuliah bagi penerima beasiswa selama menempuh studi tahun pertama di kampus INTI Malaysia. Nilai maksimal yang bisa diterima mahasiswa di bawah program ini adalah sebesar 45%.

 Baca Juga : Beasiswa S-1 di Korea Selatan: Kuliah Gratis dan Bermanfaat

4. International Student Scholarship di Infrastructure University Kuala Lumpur

Program beasiswa S1 Malaysia berikutnya adalah program beasiswa yang dibuka oleh salah satu institusi perguruan tinggi Malaysia, Infrastructure University Kuala Lumpur (IUKL), untuk pelajar internasional yang melanjutkan studi jenjang S1 di institusi tersebut.

Persyaratan beasiswa

Untuk mendaftar beasiswa ini, persyaratan umum yang diperlukan antara lain :

  1. Merupakan pelajar internasional di IUKL
  2. Memenuhi semua persyaratan untuk mendaftar salah satu program studi di IUKL

Cakupan beasiswa

Program beasiswa ini mencakup keringanan biaya kuliah bagi penerima beasiswa selama menempuh studi tahun pertama di IUKL Malaysia sebesar 50%.

 

5. International Student Scholarship di Albukhary International University 

Program beasiswa kuliah di Malaysia S1 lainnya yang menarik untuk dicoba adalah program beasiswa yang dibuka oleh salah satu institusi perguruan tinggi Malaysia, Albukhary International University (AIU), untuk pelajar internasional yang melanjutkan studi jenjang S1 di institusi tersebut.

Persyaratan beasiswa

Untuk mendaftar beasiswa ini, persyaratan umum yang diperlukan antara lain :

  1. Berusia antara 18-22 tahun
  2. Belum menikah
  3. Memiliki pendapatan di bawah USD 300 untuk pelajar internasional
  4. Bersedia untuk tidak bekerja atau menerima beasiswa lain
  5. Memiliki CGPA minimal 2.8

Cakupan beasiswa

Terdapat 2 (dua) jenis beasiswa yang tersedia di bawah program ini, yaitu program full scholarship dan partial scholarship.

Untuk program full scholarship, beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Biaya kuliah yang dibutuhkan selama durasi studi.
  2. Tunjangan konsumsi sebesar 450 RM setiap bulan
  3. Tunjangan akomodasi sebesar 300 RM setiap bulan

Untuk program partial scholarship, beasiswa hanya mencakup satu atau dua komponen yang termasuk dalam Full Scholarship.

Beasiswa S-1 di Korea Selatan: Kuliah Gratis dan Bermanfaat

Hunters, siapa nih yang ingin menuntut ilmu di Korea Selatan? Selain budaya, makanan, K-pop, K-drama, K-beauty, dan hal menarik lainnya di negara ini, Korea Selatan banyak menjadi pertimbangan bagi pelajar internasional untuk pendidikan lho!

Kuliah di Korea Selatan memiliki beberapa manfaat dan keuntungan, seperti, gelar yang diakui secara internasional, kemajuan teknologi dan inovasi yang luar biasa, biaya hidup terjangkau, lowongan pekerjaan part time untuk menambah uang saku, meningkatkan kemampuan bahasa Korea, tempat wisata menarik, kualitas hidup yang tinggi, dan masih banyak keuntungan lain yang bisa kita dapatkan.

Nah untuk Hunters yang lulusan SMA, kamu juga bisa loh mewujudkan mimpi berkuliah di Korea Selatan, dengan beasiswa S-1. Apa saja program beasiswa kuliah di Korea Selatan? Yuk simak rangkuman di bawah ini.

1. UNIST Undergraduate Scholarship

Ulsan National Institute of Science and Technology atau UNIST adalah salah satu dari empat universitas negeri di Korea Selatan yang didedikasikan untuk penelitian di bidang Sains dan Teknologi. Pada tahun 2022 ini, UNIST menjadi salah satu universitas terbaik di Korea Selatan dan menduduki peringkat 5, dan peringkat ke-178 di dunia.

Kuota masuk yang disediakan oleh UNIST Undergraduate Scholarship sebanyak 15 siswa. Periode pendaftaran UNIST dibuka pada 10 Januari – 9 Februari 2023. Adapun persyaratan kelayakan masuk, yaitu:

  1. Pelamar yang telah menyelesaikan SD, SMP, dan SMA di luar Korea dan tidak pernah mendaftar di sekolah manapun di Korea.
  2. Warga negara asing yang orang tuanya bukan warga negara Korea.

Benefit yang diberikan oleh beasiswa ini adalah gratis biaya kuliah penuh jika IPK 2,0 atau lebih tinggi selama tahun pertama. Gratis biaya kuliah penuh untuk IPK 3,1 atau lebih tinggi, dan pembebasan biaya kuliah setengah untuk IPK 2,7 atau lebih tinggi di tahun kedua.

Dokumen yang perlu Minters persiapkan:

  1. Formulir 1: daftar periksa.
  2. Formulir 2: formulir aplikasi.
  3. Formulir 3: informasi akademik.
  4. Formulir 4: pernyataan pribadi dan rencana studi.
  5. Formulir 5: perjanjian untuk verifikasi catatan akademik.
  6. Transkrip SMA dalam 3 tahun terakhir.
  7. Ijazah sekolah menengah atau sertifikat kelulusan (surat resmi dengan stempel resmi kepala sekolah).
  8. Hasil tes bahasa Inggris IELTS / TOEFL iBT / TOEFL PBT / TOEIC.
  9. Fotokopi paspor pemohon.
  10. Salinan paspor kedua orang tua atau dokumen resmi yang menunjukkan kewarganegaraannya.
  11. Penghargaan selama masa SMA (tambahan).
  12. Tes kelulusan sekolah menengah atau sertifikat ujian masuk perguruan tinggi (tambahan).
  13. Tes standar dan sertifikasi akademik lainnya (tambahan).
  14. Profil SMA (opsional).

Disiplin ilmu dan jurusan yang disediakan:

  1. Ilmu Pengetahuan Alam: Fisika, Kimia.
  2. Ilmu dan Teknologi Hayati: Ilmu Biologi, Bioteknologi.
  3. Teknik: Teknik Elektro, Mesin, Teknik Robot, Teknik Komputer, Teknik Kimia, Teknik Industri, Ilmu dan Teknik Material, Teknik Lingkungan.
  4. Seni: Desain Visual, Desain Produk.
  5. Keuangan dan Ekonomi: Keuangan, Ekonomi.
  6. TIK: Ilmu Komputer.
  7. Bisnis: Administrasi Bisnis, Pemasaran.
  8. Arsitektur: Perencanaan Kota, Desain Interior.

Baca Juga : Thailand Government Scholarships, Beasiswa Kuliah di Thailand yang Wajib Kamu Coba!

2. KAIST Scholarship

Korea Advanced Institute of Science and Technology adalah universitas riset nasional yang berlokasi di Daedeok Innopolis, Daejeon, Korea Selatan. KAIST didirikan oleh pemerintah Korea pada tahun 1971 sebagai lembaga sains dan teknik publik pertama yang berorientasi pada penelitian. KAIST memberikan beasiswa S1 penuh bagi para pelajar internasional yang berhasil lolos, yaitu pembebasan biaya kuliah penuh selama 8 semester, biaya hidup sebesar 350.000 KRW per bulan atau sekitar Rp 3.720.200, serta asuransi kesehatan medis.

Adapun persyaratan dan kelayakan yang didetapkan KAIST yaitu, pendaftar adalah pelajar internasional, dan harus mempertahankan IPK lebih dari 2,7 dari 4,3 di KAIST setelah tahun pertama mereka. KAIST memiliki tiga siklus periode pendaftaran, yaitu earlyregular, dan late. Berikut ini periode pendaftarannya:

Open date early cycle: 5 Sep 2022

Deadline date early cycle: 21 Oct 2022

Open date regular cycle: 8 Nov 2022

Deadline date regular cycle: 13 Jan 2023

Open date late cycle: 1 Mar 2023

Deadline date late cycle: 26 May 2023

Adapun dokumen yang harus dipersiapkan meliputi:

  1. Formulir aplikasi.
  2. Surat rekomendasi.
  3. Profil SMA.
  4. Transkrip SMA / Universitas.
  5. Laporan tes kecakapan bahasa Inggris.
  6. Laporan skor tes resmi standar.
  7. Fotokopi paspor atau KTP.
  8. Laporan sumber daya keuangan.
  9. Kehormatan dan penghargaan (opsional).

Disiplin ilmu dan jurusan yang disediakan:

  1. Ilmu Pengetahuan Alam: Matematika, Fisika, Kimia.
  2. Ilmu dan Teknologi Hayati: Ilmu Biologi, Bioteknologi.
  3. Teknik: Teknik Elektro, Mesin, Teknik Robot, Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Dirgantara, Teknik Industri, Ilmu dan Teknik Material, Teknik Lingkungan.
  4. TIK: Ilmu Komputer.
  5. Bisnis: Manajemen Bisnis.

3. Korea University Undergraduate Scholarship

Korea University adalah universitas riset swasta di Seoul, Korea Selatan. Didirikan pada tahun 1905, universitas ini secara luas dianggap sebagai salah satu dari tiga institusi pendidikan tinggi paling bergengsi di Korea Selatan, sebagaimana dibuktikan dengan dimasukkannya universitas tersebut sebagai anggota universitas SKY, akronim populer yang merujuk pada tiga universitas paling bergengsi di Korea, yaitu Seoul National University, Korea University, and Yonsei University.

Periode pendaftaran beasiswa diselenggarakan pada Januari untuk semester musim semi, dan Juli untuk semester musim gugur. Adapun beberapa syarat kelayakan yang harus dipenuhi, sebagai berikut:

  1. Pelajar internasional (pemegang kewarganegaraan asing) yang diterima di KU dengan kualifikasi yang dikelola oleh Tim Pendidikan Internasional.
  2. Menyelesaikan minimal satu semester di KU, mencapai setidaknya 12 sks pada semester yang sedang dipertimbangkan.
  3. Tidak ada teguran akademik atau tidak ada pelanggaran peraturan akademik pada semester sebelumnya.

Jenis beasiswa ini adalah separuh atau partial dengan 100% tuition waiver. Dokumen yang harus Minters persiapkan untuk mendaftar beasiswa ini:

  1. Salinan cetak dari aplikasi online yang dikirimkan.
  2. Pernyataan pribadi.
  3. Catatan sekolah.
  4. Surat persetujuan.
  5. Fotokopi halaman informasi paspor pemohon dan orang tua.
  6. Daftar keluarga/surat keterangan hubungan.
  7. Bukti kemahiran bahasa (TOPIK Korea atau TOEFL iBT, IELTS).
  8. Surat rekomendasi.
  9. Surat Keterangan Lulus SMA/SMK (harus apostille).
  10. Transkrip resmi SMA/SMK (harus apostille).
  11. Ijazah resmi (yang diharapkan) dari sekolah menengah atas/sederajat (harus apostille).
  12. Bukti saldo bank.
  13. Portofolio (A4, maks 10 halaman). Pernyataan verifikasi untuk portofolio (khusus pelamar Seni dan Desain).
  14. Dokumen opsional (penghargaan, sertifikat).

Disiplin ilmu dan jurusan yang disediakan:

  1. Ilmu Pengetahuan Alam: Matematika, Statistika, Fisika, Ilmu Bumi, Kimia.
  2. Ilmu dan Teknologi Hayati: Bioteknologi, Ilmu Pangan.
  3. Ilmu Kesehatan dan Kedokteran: Ilmu Kedokteran, Ilmu Biomedis, Kesehatan Masyarakat.
  4. Teknik: Teknik Elektro, Mesin, Teknik Robot, Teknik Komputer, Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Umum, Ilmu dan Teknik Material, Teknik Lingkungan, Teknik Biomedis.
  5. Humaniora dan Ilmu Sosial: Psikologi, Bahasa dan Sastra, Antropologi, Ilmu Komunikasi, Filsafat, Seni Liberal.
  6. Seni: Seni Rupa.
  7. Keuangan dan Ekonomi: Ekonomi.
  8. TIK: Ilmu Komputer, Ilmu Data.
  9. Bisnis: Administrasi Bisnis.
  10. Studi Lingkungan: Studi Lingkungan Umum.
  11. Arsitektur: Arsitektur.
  12. Pendidikan: Pendidikan Bahasa, Pendidikan Umum.
  13. Ilmu Politik: Hubungan Internasional, Administrasi Publik, Ilmu Politik.

4. Global Korea Scholarship Undergraduate – University Industry Cooperation (GKS-UIC)

Program baru yang disebut GKS-UIC yang dijalankan pemerintah Korea, mengundang 100 pelajar internasional berbakat yang ingin mengejar gelar sarjana di universitas Korea. Program ini bertujuan untuk memberikan kesadaran akan manfaat belajar di Korea, serta memperkuat kompetensi global universitas Korea. Adapun manfaat yang diberikan dari beasiswa ini antara lain:

  1. Biaya pendidikan sebesar 5.000.000 won per periode atau setara dengan Rp 53.138.800.
  2. Tunjangan bulanan sebesar 500.000 won per bulan atau setara dengan Rp 5.313.880.
  3. Tunjangan hunian/tempat menetap sebesar 200.000 won pada saat kedatangan atau setara dengan Rp 2.125.702, namun tidak berlaku untuk sesi musim panas atau musim dingin.
  4. Tiket pesawat pulang pergi (penggantian tersedia dalam jumlah yang ditentukan).
  5. Asuransi kesehatan (premi asuransi kesehatan rata – rata untuk pelajar internasional).

Persyaratannya sebagai berikut:

  1. Mahasiswa sarjana dari universitas luar negeri (di negara-negara ODA) yang merupakan universitas mitra Program Undangan Beasiswa Korea Global untuk pelajar internasional. Siswa yang saat ini tinggal di Korea tidak memenuhi syarat untuk program ini.
  2. Harus memiliki persentil skor kumulatif 80% atau lebih pada skala 100 poin.
  3. Harus telah menyelesaikan setidaknya dua semester.
  4. Tidak boleh disponsori oleh pemerintah Korea.
  5. Harus memiliki kewarganegaraan asing.
  6. Harus menyelesaikan setidaknya satu kelas (2 sks atau lebih) yang relevan dengan bahasa Korea atau budaya Korea.
  7. Penerima beasiswa tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa tambahan termasuk Program Dukungan Pemerintah Korea.

Dokumen yang dibutuhkan:

  1. Formulir aplikasi.
  2. Pernyataan pribadi.
  3. Rencana belajar.
  4. Satu surat rekomendasi.
  5. Perjanjian pemohon GKS.
  6. Penilaian medis mandiri.
  7. Kartu keluarga (harus apostille).
  8. Sertifikat wisuda/surat kelulusan (harus apostille).
  9. Sertifikat tes kecakapan bahasa Korea atau bahasa Inggris (opsional).
  10. Salinan penghargaan dan sertifikat lainnya (opsional).
  11. Salinan paspor pemohon (opsional).

Disiplin ilmu dan jurusan yang disediakan:

  1. Ilmu dan Teknologi Hayati: Ilmu Biologi.
  2. Teknik: Teknik Elektro, Mesin, Teknik Robot, Teknik Komputer, Teknik Kimia, Teknik Industri.
  3. TIK: Ilmu Komputer, Ilmu Data, Kecerdasan Buatan, Sistem Informasi, Teknologi Informasi.

5. Global Korea Scholarship (Undergraduate)

GKS adalah program beasiswa yang dijalankan oleh pemerintah Korea untuk memberikan kesempatan kepada pelajar internasional untuk melakukan studi lanjutan untuk mempromosikan pertukaran internasional dalam pendidikan dan persahabatan timbal balik antar negara. Adapun beberapa kualifikasi untuk mengikuti program beasiswa ini, sebagai berikut:

  1. Baik pelamar maupun orang tuanya tidak boleh memegang kewarganegaraan Korea.
  2. Pelamar harus memiliki kesehatan yang memadai, baik mental maupun fisik, untuk tinggal dalam waktu yang lama.
  3. Harus berusia di bawah 25 tahun pada tanggal masuk (sarjana).
  4. Telah menyelesaikan atau dijadwalkan untuk menyelesaikan pendidikan formal SD, SMP, SMA.

Beasiswa ini fully funded dan pendaftarannya masih dibuka sampai 6 Oktober 2022. Minters harus menyiapkan dokumen berupa:

  1. Formulir aplikasi.
  2. Pernyataan pribadi.
  3. Rencana belajar.
  4. Surat rekomendasi.
  5. Pemeriksaan kesehatan.
  6. Bukti kewarganegaraan, beserta orang tua.
  7. Transkrip.
  8. Sertifikat gelar.

Bagaimana Hunters, banyak kan pilihan dan peluang beasiswa yang ditawarkan. Semangat!

5 Beasiswa S1 Hong Kong yang Wajib Kamu Coba!

Selain Korea Selatan dan Jepang, Hong Kong bisa menjadi salah satu alternatif tujuan menarik pelajar internasional yang ingin menempuh pendidikan lebih lanjut. Kota yang terkenal dengan percampuran budaya Barat dan Timur di setiap sudutnya merupakan rumah dari beberapa perguruan tinggi terbaik di dunia yang secara konsisten menduduki peringkat 100 besar dunia berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Times Higher Education, termasuk di antaranya  University of Hong Kong (peringkat 30 dunia), Chinese University of Hong Kong (peringkat 49 dunia) dan The Hong Kong University of Science and Technology (peringkat 66 dunia).

Kualitas perguruan tinggi yang baik juga dibarengi dengan berbagai kesempatan yang terbuka lebar bagi pelajar internasional yang belajar di sana mengingat status Hong Kong sebagai pusat keuangan internasional atau The SIllicon Valley of Asia. Belajar di Hong Kong bisa menjadi kesempatan berharga untuk membangun jaringan professional yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Daftar Beasiswa Hong Kong Kendala Bahasa?

Worry not, Hong Kong juga menawarkan beragam pilihan jurusan yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama – tentu saja, sambil tetap memberikan kesempatan kepada pelajar internasional untuk lebih terbiasa menggunakan Bahasa Mandarin dan Bahasa Kanton yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari di Hong Kong. Selain itu, lokasi Hong Kong yang strategis dan reputasinya sebagai salah satu kota teraman di dunia membuat Hong Kong layak dinobatkan menjadi salah satu tujuan studi terfavorit untuk pendidikan tinggi.

Yang paling menarik adalah perguruan tinggi di Hong Kong juga menawarkan berbagai kesempatan beasiswa yang bisa dicoba oleh pelajar internasional yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Hong Kong, termasuk beasiswa untuk calon mahasiswa S1. Beberapa beasiswa di Hongkong yang dapat dicoba untuk jenjang Sarjana di Hong Kong antara lain:

Beasiswa S1 di Hong Kong University

Hong Kong University menawarkan berbagai jenis beasiswa untuk pelajar internasional di tingkat S1. Salah satunya adalah HKU Belt and Road Scholarship yang ditawarkan kepada pelajar internasional dari negara-negara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Myanmar dan negara lainnya. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan beasiswa masuk senilai uang kuliah yang dibutuhkan selama periode studi atau lebih. Untuk mendapatkan beasiswa ini, calon pelajar internasional diminta untuk menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan seperti essay, CV dan dokumen pendukung lainnya yang relevan. Pendaftaran untuk HKU Belt and Road Scholarship biasanya ditutup pada bulan Februari setiap tahunnya.

Baca Juga : Beasiswa S1 Singapura: Ketahui Syarat dan Cakupannya

Hong Kong University juga menawarkan beasiswa HKU Foundation Scholarships for GCE A-Level and International Advanced Level Qualified Students bagi pelajar internasional yang sudah mendapatkan skor 5A untuk GCE-A Level atau kualifikasi International A-Level yang akan menempuh pendidikan Sarjana di Hong Kong University selama 1 tahun akademik (September-Agustus). Penerima beasiswa akan mendapatkan pembebasan biaya kuliah penuh selama belajar di universitas.

Beasiswa S1 di Hong Kong Baptist University

Sama seperti Hong Kong University, Hong Kong Baptist University juga menawarkan beasiswa bagi pelajar S1 yang ingin berkuliah di universitas tersebut. Salah satunya adalah Admission Scholarship Scheme for Overseas Applicants yang memberikan beberapa jenis beasiswa kepada pelajar internasional yang akan belajar di sana untuk seluruh bidang studi, termasuk di antaranya Full Scholarship sebesar HK$ 195.000, Tuition Waive Scholarship sebesar HK$ 145.000 dan Half Scholarship sebesar HK$ 97.500 (angka beasiswa untuk penerimaan tahun 2022). Calon penerima beasiswa akan secara langsung ditentukan oleh universitas saat proses seleksi masuk universitas.

Pendaftaran untuk jurusan S1 di Hong Kong Baptist University dibuka dalam beberapa tahapan antara lain :

  • Pendaftaran Periode Awal (Early Round Application) : Sekitar bulan Oktober
  • Penutupan Periode Awal : Sekitar bulan November
  • Pendaftaran Periode Utama (Early Round Application) : Sekitar bulan Desember
  • Penutupan Periode Awal : Sekitar bulan Januari
  • Pendaftaran Periode Tambahan (Extended Round Application) : Sekitar bulan Februari
  • Penutupan Periode Awal : Sekitar bulan Mei

Beasiswa S1 di The Education University ofHong Kong

Calon mahasiswa S1 yang ingin belajar di The Education University of Hong Kong dapat mencoba melamar beasiswa EduHK Entransce Scholarship for Non-Local Students dengan skema full scholarship sebesar HK$ 185.000 (dapat diperbaharui setiap tahun akademik), tuition scholarship sebesar HK$ 140.000 (dapat diperbaharui setiap tahun akademik) dan half-tuition scholarship sebesar HK$ 70.000 (dapat diperbaharui setiap tahun akademik. Calon mahasiswa S1 yang berhak menerima beasiswa ini akan dipilih langsung oleh universitas saat proses seleksi masuk jurusan.

Pendaftaran untuk jurusan S1 di The Education University of Hong Kong dibuka dalam beberapa tahapan sebagai berikut :

  • Pembukaan Pendaftaran Periode I : Sekitar bulan September
  • Wawancara Calon Mahasiswa S1 Tahap I : Akhir bulan Desember
  • Pembukaan Pendaftaran Periode II : Sekitar bulan Desember – Februari
  • Wawancara Calon Mahasiswa S1 Tahap II : Sekitar bulan Februari
  • Pembukaan Pendaftaran Periode III : Sekitar bulan Februari – April
  • Wawancara Calon Mahasiswa S1 Tahap III : Pertengahan April – Awal Mei
  • Pembukaan Pendaftaran Periode Akhir (hanya dibuka tergantung ketersediaan kuota pada masing-masing jurusan) : Sekitar bulan April – Mei

Admission Scholarship di Chinese University of Hong Kong (CUHK)

CUHK juga menawarkan beasiswa kepada pelajar internasional tingkat S1 dengan nilai beasiswa yang bervariasi dari HK$ 5.000, pembebasan biaya kuliah seluruhnya sampai tambahan biaya hidup hingga HK$ 45.000 per tahunnya. Penerima beasiswa akan ditentukan langsung oleh universitas berdasarkan prestasi akademik dan non-akademik calon pelajar yang melamar masuk ke CUHK. Selain itu, prestasi akademik ini juga akan mempengaruhi periode beasiswa bagi mahasiswa yang bersangkutan.

Deadline pendaftaran jurusan S1 di CUHK adalah sebagai berikut :

  • Deadline pendaftaraan untuk Advance Offer: 17 November setiap tahunnya
  • Pengumuman penerimaan untuk Advance Offer: Sekitar pertengahan Januari
  • Deadline pendaftaran untuk periode regular: Sekitar bulan Januari
  • Pengumuman penerimaan untuk periode regular: Sekitar bulan Februari – Mei

Beasiswa S1 Singapura: Ketahui Syarat dan Cakupannya

Ada banyak alasan yang mendorong pelajar internasional, khususnya Indonesia, untuk melanjutkan pendidikan di Singapura. Kualitas pendidikan kelas dunia, lingkungan yang aman dan ramah pelajar sampai lokasi yang tidak terlalu jauh dari Indonesia, membuat popularitas Singapura sebagai salah destinasi studi favorit tidak pernah luntur.

Kalau kamu tertarik melanjutkan pendidikan jenjang Sarjana namun ragu karena kendala biaya, kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak sekali beasiswa S1 Singapura yang bisa dipakai untuk melanjutkan studi jenjang sarjana di Singapura. Apa saja beasiswa S1 Singapura yang tersedia? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

ASEAN Undergraduate Scholarship (AUS)

ASEAN Undergraduate Scholarship adalah beasiswa S1 Singapura yang ditawarkan oleh Pemerintah Singapura kepada warga negara ASEAN yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan jenjang Sarjana di beberapa universitas terbaik di Singapura, termasuk di antaranya Nanyang Technological University (NTU)National University of Singapore (NUS), Singapore Management University (SMU) dan Singapore University of Technology and Design (SUTD).

Persyaratan beasiswa

Untuk mendaftar beasiswa ini, beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi antara lain :

  1. Warga negara ASEAN
  2. Mendaftar di program jenjang S1 penuh waktu di NTU, NUS, SMU atau STUD
  3. Memiliki prestasi akademik baik, yang ditunjukkan menggunakan hasil Singapore – Cambridge GCE A Level, IB Diploma atau kualifikasi akademik lainnya yang setara untuk Tahun 12 (Sekolah Menengah Atas).
  4. Memiliki jejak rekam kegiatan ekstrakurikuler yang baik
  5. Menunjukkan kemampuan dan potensi di bidang kepemimpinan

Cakupan beasiswa

Program beasiswa mencakup beberapa komponen pembiayaan sebagai berikut :

  1. Pembebasan biaya kuliah sepenuhnya
  2. Tunjangan SGD 5.800 per tahun akademik
  3. Tunjangan akomodasi sebesar SGD 3.000 per tahun akademik
  4. Tunjangan komputer sebesar SGD 1.750 yang diberikan sebanyak 1 (satu) kali

Beasiswa ini diberikan selama durasi studi, selama mahasiswa dapat mempertahankan CGPA minimal 3.5 (dari skala 5) setiap tahunnya.

Dr Goh Kong Swee Scholarship

Program beasiswa ini adalah program beasiswa S1 Singapura yang dibuka oleh The Association of Banks in Singapore (ABS) kepada pelajar internasional dari 15 negara Asia Pasific, termasuk Indonesia, yang berminat melanjutkan pendidikan di jenjang S1. Sama seperti program beasiswa AUS, beasiswa ini juga diberikan kepada pelajar internasional yang mendaftar di 4 (empat) perguruan tinggi terbaik di Singapura, antara lain NUS, NTU, SMU dan SUTD.

Persyaratan beasiswa

Untuk mendaftar program beasiswa ini, beberapa persyaratan yang dibutuhkan antara lain :

  1. Berasal dari 15 negara Asia Pasific, termasuk Indonesia.
  2. Sudah mendaftar sebagai mahasiswa di NUS, NTU, SMU dan SUTD
  3. Menunjukkan kemampuan kepemimpinan, prestasi akademik dan jejak rekam kegiatan ekstrakurikuler yang baik
  4. Memiliki hasil SAT atau sudah berencana mengikuti SAT

Cakupan beasiswa

Program beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Biaya kuliah dan biaya pendidikan lainnya
  2. Biaya penerbangan PP Singapura – Indonesia
  3. Tunjangan hidup sebesar SGD 6500 per tahun
  4. Tunjangan akomodasi (nilai tergantung lokasi studi)
  5. Tunjangan kedatangan sebesar SGD 200

Pemberian beasiswa akan dikaji ulang setiap tahun berdasarkan prestasi akademik yang diperoleh mahasiswa.

Tertarik melanjutkan pendidikan dengan beasiswa S1 Singapura dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Dinkesgarut bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan, beasiswa S1 Singapura yang bisa dicoba, persyaratan dokumen hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun.

Baca Juga : Daftar Beasiswa S1 ke Jepang yang Bisa Kamu Coba!

ASEAN Maybank Scholarship Programme

Program ini adalah program beasiswa S1 Singapura yang ditawarkan oleh Maybank Foundation dan Sekretariat ASEAN kepada mahasiswa dari negara ASEAN yang ingin kuliah di universitas yang tergabung dalam ASEAN University Network. Untuk Singapura, program beasiswa ini dibuka untuk beberapa universitas antara lain NTU, NUS dan SMU.

Baca Juga : 5 Beasiswa S1 Hong Kong yang Wajib Kamu Coba!

Persyaratan beasiswa

Beberapa persyaratan umum yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa ini adalah :

  1. Warga negara ASEAN
  2. Memiliki kemampuan akademik yang baik dan aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler
  3. Lulus dari jenjang pendidikan sebelumnya dengan CGPA minimal 3.00 atau yang setara
  4. Mendaftar di salah satu program studi yang telah ditetapkan oleh penyedia beasiswa
  5. Sudah menerima admission letter atau letter of offer dari salah satu universitas yang ditentukan

Cakupan beasiswa

Program beasiswa ini mencakup beberapa hal antara lain :

  1. Biaya kuliah
  2. Tunjangan bulan dan tunjangan akomodasi
  3. Laptop
  4. Tunjangan kedatangan
  5. Tiket pesawat PP

CIMB ASEAN Scholarship

Program ini adalah program beasiswa S1 Singapura yang diberikan oleh Bank CIMB kepada pelajar internasional dari beberapa negara ASEAN yang berminat melanjutkan pendidikan tinggi di negara-negara ASEAN, termasuk Singapura. Program beasiswa ini terbuka untuk banyak bidang studi, khususnya yang mendukung karier di bidang finansial dan perbankan.

Persyaratan beasiswa

Beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa ini antara lain :

  1. Warga negara ASEAN
  2. Berusia maksimal 27 tahun
  3. Baru akan mendaftar masuk di program studi jenjang S1 (undergraduate) atau sudah mengikuti pendidikan jenjang S1, dengan sisa durasi studi minimal 1 (satu) tahun
  4. Memiliki CGPA minimal 3.25 atau yang setara, dengan prestasi akademik dan jejak rekam kegiatan ekstrakurikuler yang baik
  5. Tidak sedang menerima beasiswa lain

Cakupan beasiswa

Program beasiswa ini mencakup beberapa hal berikut :

  1. Biaya kuliah dan biaya akademik lainnya
  2. Tunjangan hidup
  3. Subsidi untuk biaya lain yang diperlukan seperti tiket penerbangan PP, biaya visa dan lain sebagainya.

Temasek Foundation Sunburst Scholarship

Program beasiswa S1 Singapura berikutnya adalah beasiswa Temasek Foundation Sunburst Scholarship, yang diberikan kepada pelajar internasional dari negara ASEAN yang mendaftar ke salah satu program studi penuh waktu jenjang S1 di SUSS.

Persyaratan beasiswa

Beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa ini antara lain :

  1. Warga negara ASEAN
  2. Memiliki prestasi akademik dan jejak rekam kegiatan ekstrakurikuler yang baik
  3. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik
  4. Menunjukkan kemampuan di bidang kepemimpinan
  5. Tidak menerima beasiswa lain, tanpa persetujuan universitas

Cakupan beasiswa

Program beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Biaya kuliah sebesar SGD 18.800 per tahun
  2. Tunjangan hidup sebesar SGD 6.000 per tahun

Daftar Beasiswa S1 ke Jepang yang Bisa Kamu Coba!

Kuliah di Jepang dengan beasiswa tidak hanya untuk jenjang S2 dan S3 saja! Tahukah kalian bahwa sekarang sudah banyak beasiswa S1 Jepang yang terbuka untuk mahasiswa dari Indonesia? Salah satu penerima yang mungkin kalian tahu adalah Jerome Polin.

YouTuber yang sudah memiliki 10 juta subscriber ini mendapatkan beasiswa Mitsui Bussan yang mengantarkannya kuliah S1 jurusan matematika di Waseda University secara gratis!

Tapi tak hanya beasiswa Mitsui Bussan saja yang tersedia, masih banyak beasiswa baik dari pemerintah Indonesia, pemerintah Jepang, universitas di Jepang, dan swasta yang bisa mengantarkan mimpimu kuliah di Jepang menjadi nyata. Beasiswa yang tersedia juga mencakup banyak hal, dari biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat, asuransi, dan lainnya.

Berikut ini 4 beasiswa yang ditawarkan untuk jenjang S1 bagi lulusan SMA, SMK, maupun MA!

Beasiswa Indonesia Maju (BIM)

Beasiswa yang diberikan oleh Kemendikbud ini utamanya ditujukan kepada lulusan SMA/SMK/MA yang ingin kuliah di luar negeri, termasuk Jepang.

Beasiswa ini dibagi menjadi 2 jenis beasiswa:

  1. Beasiswa non-gelar
    Program ini ditujukan bagi pelajar SMA/SMK/MA yang sedang duduk di bangku kelas XI untuk mempersiapkan keberangkatan kuliah S1 di luar negeri.
  2. Beasiswa bergelar
    Program ini diberikan pada kandidat yang memenuhi syarat untuk menempuh studi pada jenjang S1 dan S2 baik di universitas dalam maupun luar negeri.

Khusus untuk program non-gelar, terdapat 6 kegiatan yang akan dilakukan untuk mempersiapkan keberangkatan kalian:

  1. Pengayaan kemampuan bahasa Inggris sebagai syarat pendaftaran kampus tujuan. Dalam tahap ini, kalian akan dibiayai untuk mengikuti kursus bahasa Inggris dan 1 kali tes resmi
  2. Tes literasi numerasi (SAT/ACT) sebagai salah satu syarat mendaftar di kampus tujuan. Dalam tahap ini, kalian akan dibiayai untuk mengikuti kursus bahasa Inggris dan 1 kali tes resmi
  3. Proyek kelompok di daerah asal kandidat
  4. Program Summer Youth Program untuk penguatan kompetensi ketalentaan dan kepemimpinan
  5. Webinar konsultasi pendidikan
  6. Konseling pendidikan untuk mempersiapkan penulisan esai, wawancara, dan lain sebagainya untuk persiapan pendaftaran di universitas tujuaan

Syarat Pendaftaran

Penerima BIM adalah mereka yang memiliki prestasi pada salah satu dari empat bidang ketalentaan:

  1. Sains, riset, teknologi, dan inovasi
  2. Seni, budaya, dan bahasa
  3. Vokasi dan kewirausahaan
  4. Olahraga dan kesehatan jasmani

Prestasi di atas dapat diperoleh dari ajang talenta yang berbentuk kompetisi, festival, eksibisi, atau apresiasi. Selain itu, prestasi juga dapat berasal dari kegiatan non-talenta seperti penghargaan dari pemerintah atau lembaga, riset mandiri, kegiatan pelestarian lingkungan, pengabdian masyarakat, pencipta karya edukasi, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 5 Beasiswa S1 Hong Kong yang Wajib Kamu Coba!

Untuk kepentingan verifikasi, kalian akan diminta untuk mengunggah bukti prestasi ke Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) untuk kemudian dikurasi. Kalian dapat membuka laman Puspresnas untuk mencari informasi lebih lanjut.

Terdapat 3 kategori dokumen yang wajib dipersiapkan untuk mendaftar beasiswa BIM:

  1. Identitas diri
    1. Biodata diri
    2. KTP, KK, atau paspor
    3. Kartu pelajar
  2. Surat komitmen dan dukungan
    1. Surat kesanggupan mengikuti program
    2. Surat izin orang tua
    3. Surat dukungan sekolah
    4. Surat keterangan memiliki penyakit tertentu (jika ada)
    5. Surat keterangan jenis penyandang disabilitas (jika ada)
  3. Prestasi dan keterampilan
    1. Rapor
    2. SAT/ACT
    3. IELTS/TOEFL/Duolingo
    4. Bukti prestasi
    5. 3 esai

Cara Pendaftaran

  1. Mendaftar pada laman pendaftaran BIM
  2. Mengisi informasi yang diminta pada laman pendaftaran BIM dan mengunggah dokumen persyaratan
  3. Menunggu proses kurasi prestasi selesai dilakukan
  4. Mengikuti seleksi administrasi dan prestasi
  5. Mengikuti seleksi substansi dan wawancara

Cakupan Beasiswa

  1. Biaya pendidikan yang mencakup:
    1. Biaya kuliah
    2. Tunjangan buku
    3. Biaya skripsi
  2. Biaya pendukung:
    1. Tiket pesawat pergi-pulang
    2. Biaya visa
    3. Asuransi kesehatan di negara tujuan
    4. Biaya hidup bulanan
    5. Biaya kedatangan
    6. Biaya keadaan darurat

 

Mitsui Bussan Scholarship

Ingin mengikuti jejak Jerome Polin? Ini dia informasi yang kalian butuhkan!

Syarat Pendaftaran

  1. Merupakan warga negara Indonesia
  2. Berusia maksimal 20 tahun saat pendaftaran dan belum menikah. Penerima beasiswa Mitsui Bussan tidak dapat menikah selama periode studi berlangsung
  3. Lulus SMA dari jurusan IPA dengan skor minimal 80 untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia dan Bahasa Inggris selama 2 (dua) semester berturut-turut pada tahun kedua dan ketiga sekolah
  4. Lulus SMA dari jurusan IPS dengan skor minimal 80 untuk mata pelajaran Matematika, Ekonomi, Geografi dan Bahasa Inggris selama 2 (dua) semester berturut-turut pada tahun kedua dan ketiga sekolah. Pelajar dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau SMA dengan jurusan Bahasa tidak dapat mendaftar beasiswa ini
  5. Pendaftar beasiswa wajib mengikuti kelas bahasa Jepang dan harus mengikuti pendidikan di universitas dalam bahasa Jepang
  6. Pendaftar beasiswa harus sehat secara fisik dan mental serta tidak menderita penyakit menular

Cakupan Beasiswa

  1. Biaya hidup bulanan sebesar 145.000 Yen yang diberikan selama periode studi
  2. Biaya perjalanan PP Indonesia – Jepang
  3. Tunjangan kedatangan sebesar 50.000 Yen yang diberikan kepada penerima beasiswa saat tiba di Jepang
  4. Biaya kuliah yang diperlukan, termasuk biaya ujian masuk dan biaya studi di Japanese Language Center
  5. Subsidi akomodasi sebesar 5.000 Yen per bulan untuk 1.5 tahun pertama periode studi di Japanese Language Center
  6. Subsidi akomodasi sebesar 25.000 Yen per bulan dan tunjangan deposit akomodasi selama periode studi di universitas
  7. Biaya buku yang diperlukan untuk studi di Japanese Language Centre dan universitas di Jepang
  8. Biaya asuransi jiwa, penerbangan, dan kecelakaan selama periode studi

 

Mext Scholarship

MEXT Scholarship atau beasiswa Monbukagakusho adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Jepang melalui Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Kalian dapat memilih universitas maupun college dalam beasiswa ini.

Pada dasarnya, terdapat 3 jenis sekolah tinggi yang menerima mahasiswa dengan beasiswa ini:

  1. Beasiswa S1 (Gakubu)
    Program ini ditujukan khusus untuk pelamar lulusan SMA/SMK untuk melanjutkan pendidikan di jenjang sarjana/S1 dengan beasiswa MEXT S1 di universitas negeri di Jepang. Khusus untuk program ini, kalian wajib mengikuti kelas persiapan selama 1 tahun. Sehingga, total masa belajar pada program ini adalah 5 tahun.Kelas persiapan ini mencakup pembelajaran bahasa Jepang dan Inggris, matematika, dan Ilmu sosial bagi pelamar yang memilih bidang studi IPS di universitas tujuan. Sedangkan bagi pelamar yang memilih bidang studi IPA di universitas tujuan, kalian akan belajar fisika, kimia, dan biologi.
  2. Beasiswa S1 ke College of Technology (Kosen)
    Program Kosen ini khusus untuk pelamar yang melanjutkan pendidikan ke College of Technology (Koto Senmon Gakko). Program ini hanya menerima siswa SMA/SMK lulusan program IPA.College of Technology adalah sekolah yang fokus mendidik calon insinyur yang banyak melakukan praktik dan eksperimen pada bidang keilmuannya masing-masing. Bagi warga Jepang, College of Technology adalah sekolah bagi lulusan jenjang SMP, namun khusus bagi penerima beasiswa MEXT, mereka akan ditempatkan sebagai siswa tahun ke-3.
  3. Beasiswa Specialized Training College (Senshu)
    Program Senshu adalah program khusus untuk lulusan SMA/SMK untuk melanjutkan pendidikan ke Specialized Training College (Senshu Gakko)College ini berfokus untuk keahlian-keahlian di luar bidang ilmu teknik.

Syarat Pendaftaran

Dokumen-dokumen yang disyaratkan pada beasiswa Gakubu, Kosen, dan Senshu dapat berbeda-beda terutama pada formulir pendaftarannya. Namun pada intinya, berikut adalah dokumen-dokumen yang wajib kalian siapkan untuk mendaftar beasiswa S1 MEXT di Jepang:

  1. Lembar print out e-mail konfirmasi pengisian formulir pendaftaran
  2. Formulir pendaftaran yang dapat diunduh berdasarkan programnya:
    1. Gakubu
    2. Kosen
    3. Senshu
  3. Pas foto terbaru (maksimal 6 bulan sebelum pendaftaran)
    1. Berukuran 3.5 cm x 4.5 cm atau 3 x 4 cm
    2. Latar polos dengan warna bebas
    3. Tempel foto pada formulir pendaftaran
  4. Transkrip nilai dari kelas X hingga XII atau XIII untuk siswa SMK 4 tahun
  5. Ijazah
  6. Surat rekomendasi dari guru atau kepala sekolah
  7. Sertifikat kemampuan bahasa asing, salah satu yang dimiliki:
    1. JLPT
    2. IELTS
    3. TOEFL
    4. TOEIC
  8. Fotokopi lembar hasil nilai, salah satu yang dimiliki:
    1. JLPT
    2. EJU
    3. J-Test
    4. Nat-Test
  9. Sertifikat penghargaan kompetisi dan pengalaman yang berkaitan dengan Jepang

Cakupan Beasiswa

  1. Biaya kuliah dan program persiapan
  2. Tunjangan hidup sebesar JPY 143.000 per bulan bagi program Beasiswa Penelitian dan Beasiswa Pelatihan Guru, sedangkan program lain mendapatkan tunjangan hidup sebesar JPY 117.000 per bulan.
  3. Tiket pesawat pergi pulang dari Indonesia ke Jepang
  4. Bebas biaya pembuatan visa pelajar
  5. Bebas ikatan dinas

 

KUAS Scholarship

Kyoto University of Advanced Science atau KUAS memberikan beasiswa jenjang S1 pada mahasiswa internasionalnya. Terdapat beberapa jenis beasiswa yang hanya diberikan ketika kalian sudah diterima sebagai mahasiswa KUAS. Dengan kata lain, kalian harus diterima terlebih dahulu sebelum kemudian mendapat beasiswa yang sesuai dengan keinginan atau kondisi kalian.

Jenis program yang tersedia adalah:

  1. Super KUAS-E Scholarship dan KUAS-E Scholarship
    Beasiswa ini khusus diberikan bagi calon mahasiswa yang mendaftar pada Faculty of Engineering. Penerima beasiswa ini wajib memiliki prestasi akademik yang sangat baik dan dapat mempertahankannya hingga selesai studi pada tahun ke 4.
  2. Advanced Scholarship
    Beasiswa ini diberikan bagi calon mahasiswa yang menunjukkan prestasi akademik dan karakter pribadi dengan baik serta memiliki keinginan untuk terus meningkatkan kemampuan diri.
  3. KUAS Student Guardian Scholarship
    Beasiswa ini diberikan bagi mahasiswa yang tiba-tiba mengalami musibah keluarga sehingga tidak dapat membiayai kuliahnya.
  4. Alumni Association Scholarship
    Beasiswa ini diberikan kepada calon mahasiswa yang memiliki karakter pribadi yang sangat baik dan bagi mereka yang dapat meningkatkan reputasi KUAS sebagai role model bagi mahasiswa lainnya.

Syarat Pendaftaran

Syarat pendaftaran sebagai mahasiswa baru agar kalian dapat mendaftar pada beasiswa KUAS adalah:

  1. Pas foto terbaru yang diambil tak lebih dari 3 bulan sebelum pendaftaran
  2. Paspor
  3. Application essay sepanjang 300 hingga 350 kata dengan topik mengapa kalian ingin kuliah di KUAS dalam bahasa Inggris
  4. Transkrip akademik selama 2 tahun terakhir (kelas 12 dan 11)
  5. Surat keterangan kelulusan yang menerangkan kapan kalian akan lulus SMA/SMK/MA dalam bahasa Inggris
  6. Sertifikat bukti kelulusan salah satu tes berikut:
    1. SAT
    2. GCE A Level
    3. Baccalaureate
    4. EJU
    5. SBMPTN
  7. Sertifikat kecakapan berbahasa Inggris, salah satu yang dimiliki:
    1. TOEFL iBT
    2. IELTS
    3. PTE
    4. Duolingo
  8.  Surat rekomendasi

Cakupan Beasiswa

  1. Super KUAS-E Scholarship 
    1. Bebas biaya pendaftaran
    2. Biaya kuliah
    3. Biaya hidup sebesar JPY 100.000 per bulan
  1. KUAS-E Scholarship
    1. Tipe 1: Reduksi biaya kuliah sebesar 100%
    2. Tipe 2: Reduksi biaya kuliah sebesar 50%
    3. Tipe 3: Reduksi biaya kuliah sebesar 30%
  1. Advanced Scholarship
    1. Tipe 1: Reduksi biaya kuliah sebesar 50%
    2. Tipe 2: Reduksi biaya kuliah sebesar 25%
  1. KUAS Student Guardian Scholarship
    1. Reduksi biaya kuliah hingga 50%
  1. Alumni Association Scholarship
    1. Uang tunai sebesar JPY 100.000 per tahun